7 Manfaat Memijat Bayi dan Langkah Melakukan yang Betul

Faedah memijat bayi bukan hanya didapat oleh anak, tapi bisa juga berguna untuk ibu. Tentu saja ini dapat didapat bila kamu pahami langkah memijat bayi yang akurat. Hingga berguna untuk ibu dan bayi.

Langkah memijat bayi harus dilaksanakan secara halus dan berhati-hati. Ini karena otot dan kulitnya masih tipis dan peka. Sentuhan yang penuh perhatian dan kehalusan jadi kunci khusus komunikasi orangtua dengan bayinya yang baru lahir.

Faedah memijat bayi bisa membuat perkembangannya lebih maksimal. Pijatan untuk pijatan yang kamu beri bukan hanya dekatkan ikatan dengan buah kesayangan, tetapi ada beberapa faedah yang hendak dirasa bayi.

Faedah Memijat Bayi

Membuat Tidur Lebih Pulas

Faedah memijat bayi yang pertama ialah bisa membuat tidurnya lebih pulas. Riset memperlihatkan jika pijatan pada bayi bisa membuat transisi tidurnya semakin teratur. Ini maknanya bayi akan tidur semakin banyak pada malam hari serta lebih aktif pada siang hari.

Bayi yang teratur dipijat dijumpai berkadar melatonin yang semakin tinggi. Melatonin berikut yang membuat badan mengantuk. Disamping itu, pijat bayi berguna juga membuat badan bayi santai, hingga dia lebih gampang tidur pulas.

Memperlancar Pencernaan

Pencernaan akan lancar dengan faedah memijat bayi. Bayi baru lahir rawan kembung dan sering alami kolik karena mekanisme pencernaan yang belum prima. Pijatan perut bayi secara pas bisa dibuktikan sanggup memperlancar gerakan usus dan pencernaan, hingga resiko kembung dan kolik bisa diminimalisir.

Tingkatkan Hubungan Ibu dan Bayi

Pijatan penuh kasih-sayang yang sudah dilakukan si ibu ke bayi bisa dibuktikan secara mental memperkuat ikatan batin di antara ibu dan buah hatinya. Bayi jadi lebih tenang saat ada di dekat si ibu dan begitupun kebalikannya, si ibu jadi lebih santai dalam menjaga bayi.

Tingkatkan Berat Tubuh Bayi

Pijatan rupanya bukan hanya berguna untuk keadaan mental, tetapi fisik si bayi. Pada riset itu, bayi yang dipijat bisa dibuktikan bisa alami kenaikan berat tubuh lebih berarti dibanding dengan bayi yang tak pernah dipijat.

Kenaikan berat tubuh ini lebih maksimal terjadi jika pijatan dilaksanakan dengan minyak pijat, baik alami atau bikinan. Dampak hangat yang didapat dari minyak pijat diperhitungkan sanggup membuat anak lebih maksimal dalam mengolah asi.

Bayi Lebih Tenang dan Nyaman

Pijatan pada bayi bisa menggairahkan mekanisme saraf pusat. Sentuhan fisik pada bayi akan mengirimi signal ke otaknya untuk produksi semakin banyak endorfin dan serotonin, yakni hormon yang bisa membuat hati lebih berbahagia dan nyaman. Ke-2 hormon ini berguna dalam menolong kurangi ngilu yang dirasa bayi.

Kurangi Kandungan Bilirubin

Pada suatu riset, dijumpai jika bayi kuning yang memperoleh pijatan sepanjang 15-20 menit dan fototerapi kelihatan alami pembaruan yang bisa lebih cepat dibanding bayi yang cuman memperoleh fofoterapi. Ini memperlihatkan jika faedah memijat bayi ikut punya pengaruh pada pengurangan kandungan bilirubinnya.

Turunkan Tingkat Depresi Ibu

Jadi ibu baru umumnya akan memunculkan tanda-tanda depresi. Tidaklah aneh, selanjutnya ada istilah baby blues syndrome atau sindrom stres-depresif yang banyak dirasakan ibu yang baru melahirkan. Peralihan hormon, jadwal tidur dan kegiatan harian jadi pemicunya.

Faedah memijat bayi rupanya sanggup jadi penawarnya. Karena, Saat lakukan pijat bayi, dampak santai rupanya akan dirasa ibu yang memijat.

Langkah Memijat Bayi yang Betul

Langkah memijat bayi yang betul harus diaplikasikan supaya bayi memperoleh faedahnya. Bukan hanya tehnik memijat, kamu perlu memerhatikan sekitar lingkungan saat memijatnya. Berikut sejumlah hal yang perlu jadi perhatian saat sebelum memijat bayi:

Yakinkan ruang tempat memijat cukup hangat dan tenang. Ini karena pijat bayi yang bagus dilaksanakan pada keadaan bayi tanpa baju.

  1. Yakinkan bayi pada kondisi terbangun, tidak mengantuk, dan telah kenyang.
  2. Bila baru disusui atau dikasih makan, nanti dulu sampai 45 menit saat sebelum memijatnya supaya dia tidak muntah.
  3. Baringkan dia di atas handuk atau selimut dan tempatkan bantal bayi di bawah kepalanya.
  4. Pakai minyak bayi (baby oil) atau cream bayi, lalu gosokkan di telapak tangan kamu sampai berasa hangat.

Sesudah mengaplikasikan beragam cara saat sebelum memijat, baru kamu dapat praktek memijat bayi dengan cara yang akurat. Berikut langkah memijat bayi yang betul:

  1. Seka telapak kaki dan tangan bayi memakai ibu jemari dari arah tumit kaki ke jari-jari kaki.
  2. Seka tungkai dan betis bayi dari arah pangkal paha dengan pergerakan melingkar.
  3. Untuk memijat tangan, kerjakan pergerakan yang serupa dengan memijat kaki, yakni menyeka telapak tangan dan menyeka lengan dengan pergerakan melingkar.
  4. Silangkan tangan di atas perut dan dada bayi, lalu pijat tempat ini dengan pergerakan bersilang.
  5. Tempatkan ibu jemari di perut bayi, lalu seka sejalan dengan jarum jam.
  6. Pijat kepala dan muka bayi searah jarum jam.
  7. Telungkupkan bayi, lalu seka dan beri pijatan halus dari leher sampai ke pantatnya.

Tidak cuma pijatan asal-asalan, memijat bayi harus dilaksanakan dengan penuh kehalusan. Orangtua bisa ajak bayi bicara atau menyanyi supaya dia lebih nikmati saat-saat berdua dengan kamu. Sentuhan yang penuh perhatian dan kehalusan jadi kunci khusus komunikasi orangtua dengan bayinya yang baru lahir. Kamu dapat ikuti kelas pijat bayi yang diselenggarakan oleh terapi yang telah mempunyai sertifikat untuk memperoleh semua faedah dan tehnik yang akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *